Tips Belajar Akuntansi

Pembelajar Berorientasi Proses Belajar Membedakan

“Belajar Membedakan” mengacu pada proses belajar memahami sesuatu hal dengan cara melihat perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh objek yang dipelajari. Dengan melihat perbedaan yang dimiliki oleh objek, individu dapat memahami benda, suasana, peristiwa, atau objek lain yang ada di lingkungannya. Misalnya, kita dapat memahami lingkungan sosial dengan cara mengidentifikasi perbedaan yang dimiliki oleh pada umumnya orang-orang yang termasuk dalam suatu masyarakat seperti desa dan kota.


Sehubungan dengan karakteristik belajar membedakan, proses pembelajaran seyogianya:


1.   menghadapkan kepada siswa 2 hal yang masing-masing memiliki karakteristik yang khas;


2.   memberikan kemudahan kepada siswa untuk memahami dua hal yang berbeda itu;


3.   menyajikan suasana yang berisikan berbagai objek sehingga siswa dapat menerapkan pengertian tentang dua objek melalui proses klasifikasi; serta


4.     memberi jalan bagi siswa untuk memantapkan hasil pemahamannya itu.


Di samping itu, siswa akan mampu belajar membedakan apabila siswa mampu mengingat dan mengulang kembali respon yang berbeda yang penting untuk menunjukkan perbedaan. Misalnya, dalam belajar membedakan “lingkaran” dan “persegi panjang”, siswa harus sudah tahu bentuk “lingkaran” dan bentuk “persegi panjang”.

Share:

No comments:

Post a Comment