Tips Belajar Akuntansi

Perbedaan antara Penelitian Formal dengan Penelitian Tindakan dan Penelitian Tindakan Kelas



Oleh: Hafis Mu'addab

Untuk mengenal karakteristik penelitian tindakan kelas dengan lebih jelas berikut akan dipaparkan perbedaan penelitian tindakan kelas dengan penelitian formal yang lain




[caption id="attachment_73" align="aligncenter" width="293" caption="Perbedaan antara Penelitian Formal dengan Penelitian Tindakan dan Penelitian Tindakan Kelas"][/caption]


Diadaptasi dari Dasna, 2007:4-5 dan Mills, 2003:4 (dalam Herawati,2009: 5)




Dan untuk mengenal karakteristik penelitian tindakan kelas dengan lebih jelas berikut akan dipaparkan perbedaan penelitian tindakan kelas dengan penelitian formal yang lain.



Tabel 1.1 Perbedaan antara Penelitian Formal dengan Penelitian Tindakan


dan Penelitian Tindakan Kelas
































































Penelitian Formal



Penelitian Tindakan



Penelitian Tindakan Kelas



· Dilakukan oleh orang luar kelas, misalnya dosen, ilmuwan, mahasiswa yang melakukan eksperimen tertentu



· Dilakukan oleh kepala sekolah atau pengawas atau widyaiswara



· Dilakukan oleh kepala sekolah atau guru atau calon guru



· Dilingkungan dimana variable-variabel luar dapat dikendalikan



· Dikelas dan disekolah atau dalam pelatihan dan pembinaan guru



· Di kelas dan sekolah



· Sampel harus representatif



· Kerepresetatifan sampel tidak menjadi persyaratan penting



· Kerepresetatifan sampel tidak menjadi persyaratan penting



· Mengutamakan validitas internal dan eksternal



· Lebih mengutamakan validitas internal



· Lebih mengutamakan validitas internal



· Menuntut penggunaan analisis statistic yang rumit, signifikasi statistic yang ditentukan sejak awal, dan memeriksa hubungan sebab akibat antar variable



· Tidak menuntut penggunaan analisis statistic yang rumit


· Menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan apa yang terjadi dan memahami dampak suatu intervensi pendidikan (tindakan)



· Tidak menuntut penggunaan analisis statistic yang rumit


· Menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan apa yang terjadi dan memahami dampak suatu intervensi pendidikan (tindakan)



· Mempersyaratkan hipotesis



· Tidak selalu menggunakan hipotesis



· Tidak selalu menggunakan hipotesis



· Mengembangkan teori


· Tidak memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung



· Memperbaiki praktik pembinaan guru secara langsung



· Memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung



· Hasil penelitian merupakan produk ilmu yang dapat digeneralisasikan ke populasi yang lebih luas



· Hasil penelitian merupakan peningkatan mutu pembelajaran dilingkungan tertentu tempat dilakukannya PT



· Hasil penelitian merupakan peningkatan mutu pembelajaran dilingkungan pembelajaran tertentu tempat dilakukannya PTK



· Berlangsung secara linear (bergerak maju)



· Berlangsung secara linear (bergerak maju)



· Berlangsung secara siklis (berdaur)



· Tidak kolaboratif dan individual



· Tidak kolaboratif dan individual



· Kolaboratif dan kooperatif



Diadaptasi dari Dasna, 2007:4-5 dan Mills, 2003:4 (dalam Herawati,2009: 5)



Share:

No comments:

Post a Comment