Dalam mengembangkan strategi pembelajaran di kelas, model ini memiliki langkah-langkah pokok sebagai berikut
Langkah Pertama: Menganalisis lingkungan kelas yang ada saat ini
v Prilaku positif di kelas yang mendapat penguatan saat ini
v Prilaku negatif yang saat ini diberi toleransi saat ini
v Hukuman apa yang selama ini dijalankan
Langkah Kedua: Mengembangkan daptar penguat potensial
v Kegiatan yang disukai peserta didik
v Prilaku yang selama ini mendapat hukuman
v Latar alami yang potensial menjadi penguat
Langkah Ketiga: Memilih urutan prilaku yang akan mulai dilakukan
v Jenis hukuman apa yang akan diubah menjadi penguatan
v Prilaku positif mana yang cenderung muncul terus menerus di kelas
v Stimulus mana yang digunakan untuk secara berbeda untuk mengendalikan prilaku
Langkah Keempat: Menerapkan urutan prilaku, memelihara catatan anekdodal, dan melakukan perubahan yang dikehendaki
v Penggunaan aturan rutin kelas yang jelas dan konsisten
v Penggunaan metode penguatan yang jelas dan potensial mengubah prilaku peserta didik
v Peluang yang sama bagi setiap peserta didik untuk memperoleh penguatan
Penerapan penguatan mengikuti perubahan prilaku peserta didik
No comments:
Post a Comment