Telah dikemukakan sebelumnya bahwa belajar adalah hal yang menimbulkan proses perubahan dalam tingkah laku dan kecakapan. Sampai dimana perubahan ini dapat tercapai atau dengan kata lain, berhasil atau tidak tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor belajar menurut Ngalim Purwanto (1990:120) dibedakan menjadi dua yaitu:
1. Faktor yang ada pada diri organisme itu sendiri yang disebut faktor individu.
2. Faktor yang ada diluar individu yang disebut sebagai faktor sosial.
Yang termasuk dalam faktor individual antara lain: faktor kematangan atau pertubuhan, kecerdasan, latihan, motivasi dan faktor pribadi.
Sedangkan yang dimaksud faktor sosial antara lain faktor keadaan keluarga, guru dan cara mengajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia dan motivasi sosial.
Untuk memahami kegiatan belajar perlu dilakukan analisis untuk menemukan persoalan-persoalan apa yang terlibat dalam kegiatan belajar itu. Belajar sebagai suatu proses tentu memerlukan input atau masukan
dan output atau keluaran. Jadi dalam hal ini kita dapat menganalisis kegiatan belajar dengan mengunakan pendekatan analisis sistem.
Pendekatan sistem dapat digambarkan sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment